Kemenag Bersiap Penuhi Undangan Menteri Urusan Agama Saudi

jamaah-umroh-bertawaf-di-sekitar-kabah-di-masa-pandemi_201111203209-482

Kementerian Agama sedang mempersiapkan diri memenuhi undangan dari Menteri Urusan Agama Arab Saudi. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebut dirinya akan bertolak ke Saudi akhir bulan ini.

“Masih terus dipersiapkan (keberangkatan) dalam rangka memenuhi undangan Menteri Urusan Agama. Semua masih dalam persiapan,” ujar Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Khoirizi, saat dihubungi Republika, Rabu (29/9).

Terkait perkiraan keberangkatan Menag, ia menyebut insya Allah akan berangkat di akhir bulan ini.

Sebelumnya, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan akan segera membahas masalah keberangkatan haji dan umroh jamaah Indonesia. Hal ini ia sampaikan saat berada di Pendopo Manggala Parasamya II, Kompleks Perkantoran Pemda Kabupaten Bantul, DIY, Rabu (29/9).

“Belum (ada kejelasan masalah umroh). Nanti kita akan ke sana dulu, insya Allah akhir bulan ini saya ke Saudi Arabia untuk membicarakan terkait dengan perkembangan haji dan umroh. Setelah itu akan kita rilis,” ujarnya.

Dalam pertemuan ini, ia menyebut juga akan membahas kuota jamaah dengan pemerintah Arab Saudi. Namun, ia belum bisa mengungkapkan jumlah kuota yang akan diajukan tersebut.

“Yang jelas kalau target (jamaah yang berangkat) pasti ada,” lanjutnya.

Kemenag sendiri beberapa waktu yang lalu sempat bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi, Esham Altsaqafi. Dalam kesempatan itu, dilakukan pembahasan tentang keberangkatan jamaah umrah asal Indonesia.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Nur Arifin, menyampaikan Dubes Saudi berkali-kali meyakinkan hubungan Indonesia dan Saudi sangat harmonis. Belum dibukanya layanan visa umrah untuk bangsa ini semata-mata karena unsur kehati-hatian menyikapi pandemi Covid-19.

“Oleh karena itu, dengan semakin baik perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia, insya Allah hal ini akan menjadi tanda-tanda baik segera dibuka layanan umroh untuk masyarakat Indonesia. Aamiin,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (23/9).

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan Dubes Saudi bahkan memiliki rencana untuk ikut melepas jamaah umroh Indonesia, untuk pemberangkatan yang pertama kalinya nanti.